Header Ads

BERAS PULEN INDRAMAYU


"Belum terasa makan kalau belum makan nasi"

Barangkali kalimat itu sering terucap tatkala kita tengah membincangkan soal makanan.
Nasi bagi hampir seluruh masyarakat Indonesia memang masih jadi primadona makanan pokok sampai saat ini.

Si putih pulen yang bisa memadamkan kelaparan dalam sekejap ini pun jadi makanan yang wajib disantap oleh orang-orang ketika jam makan tiba. Pokoknya belum disebut ‘makan’ kalau belum menyantap nasi  meski sebelumnya sudah makan roti atau makanan berat lainnya.

Berbicara tentang nasi,Indramayu termasuk daerah pemasok Padi terbesar setelah Karawang di wilayah Jawabarat.Dan di Indramayu juga ada perusahaan daerah milik pemerintah yang bergerak di bidang Pengelolaan Beras yaitu PD Bumi Wiralodra Indramayu ( PD BWI ) yang bertempat di kecamatan Losarang.

PD BWI ini membentuk sebuah program Onfarm yang sistem kerjanya memberikan Penyuluhan cara pemeliharaan tanaman padi dan pemberian  bibit padi, pemupukan dan pendampingan kepada petani melalui Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) yang ada di beberapa kecamatan di wilayah Indramayu.

Beras yang di Produksi PD BWI rasanya pulen dan Sehat karena diolah dari padi pilihan dan di proses menggunakan mesin Modern yang menjaga kemurnian dan kealamiannya,serta tanpa menggunakan pemutih,pengawet,dan pewangi.


Ada dua merk  beras yang di Produksi oleh PD BWI yaitu Beras "Tiga Tungku dan Beras Pulen BWI" dan ada dua jenis beras yakni jenis premium yang dijual dengan harga Rp. 12.500/kg dan jenis medium dengan harga Rp.9.400/kg.yang pemasarannya sudah terjual ke beberapa daerah di pulau Jawa.

Sumber Referensi : kompasiana.com/didno76

No comments